05 Desember 2009

Edutainment Berbasis Open Source untuk si kecil

Tulisan kecil ini ku persembahkan untuk sobatku yang report 7 keliling mikirin anaknya
yang bandel “maen ps dong yah..!” . Kadang aku prihatin ngiliat anak-anak sekarang yang waktunya habis bermain game-game yang bukan untuk anak-anak walaupun ga semuanya game tidak mendidik.

Pernah aku coba tawarkan ke ayahnya untuk memilih game-game yang bermaanfaat untuk anak seusianya. Tapi dia lebih memilih membelikan ps untuk anaknya padahaldirumahnya punya PC ngangur, alasanya ga punya waktu untuk mendampingi si kecil buah hatinya “yang penting anaknya anteng diem dirumah sama maenannya,....beres”.

Oi ko malah cerita sih om...Reviewnya mana nih?
OK berangkat cuy...

Mulailah dari sedini mungkin untuk memperkenalkan dunia komputer kepada si kecil. Seiring
dengan perkembangan zaman, dunia teknologi semakin dibutuhkan guna menunjang berbagai macam aktivitas kita. Bagaimana cara membuat si kecil betah duduk di hadapan komputer? Ya meski kebanyakan yang dilakukannya adalah bermain game, mendengarkan musik, atau menonton film, tidak masalah. Hal-hal kecil akan memperkenalkannya ke sesuatu yang lebih besar.
Memilih perangkat lunak yang cocok untuk sikecil dan memperkenalkan komputer di usia dini haruslah lebih berhati-hati. Aspek pendidikan harus menjadi pertimbangan utama dalam memilih perangkat lunak. Pembelajaran melalui pengalaman, mengatasi kesalahan yang dilakukan, dan mencari sendiri jawaban dari permasalahan melalui simulasi permainan yang akan mengajak si kecil berfikir secara kompleks.

Memilih perangkat lunak edutainment berbasis open source dan yang pasti gratis dong....Karena mendapatkan sesuatu yang gratis merupakan suatu hal yang membuat kita tersenyum...pasti “ga jebol kantong harus beli software propreitary, beli bajakan ihh malu....” . GNU/Linux dan berbagai aplikasinya termasuk aplikasi edutainment yang kita bahas sekarang dapat diperoleh secara free, free bukan berarti gratis, free disini adalah bebas didistribusikan, bebas di install, dan bebas untuk dikembangkan? Gratis kalau Anda Download sendiri emang CD gratis apa... “just kidding”


Beragam aplikasi Edutainment di Linux KDEedu

  • Sains : Kstarts, Marble, dan Kalzium

  • Matematika : Kbrunch, Kig, Kmplot

  • Bahas : Khangman, KwordQuiz, Parley, Kanagram

  • Lain-lain : Kturtle, Tux Paint, Gcompri


Silakan baca artikel yang berkaitan dengan Edutainment :








Credits and License:


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda saya tunggu loh

Tu comentario será moderado la primera vez que lo hagas al igual que si incluyes enlaces. A partir de ahi no ser necesario si usas los mismos datos y mantienes la cordura. No se publicarán insultos, difamaciones o faltas de respeto hacia los lectores y comentaristas de este blog.